FUTUROLOGY

Nissan Mulai Kembangkan Taksi Tanpa Pengemudi

Dua Unit Nissan Leaf Dikonversi dengan Teknologi Otonom

Teknologi otonom semakin mendekati kehidupan sehari-hari. Kali ini, Nissan mengumumkan rencana mereka untuk mengembangkan taksi tanpa pengemudi. Nissan memulai pengembangan teknologi otonom untuk taksi dari basis Nissan Leaf.

Untuk memulai risetnya, Nissan menggunakan dua unit Leaf yang dikonversi dengan teknologi otonom. Langkah yang dilakukan oleh Nissan dalam menciptakan taksi tanpa pengemudi ini jadi pelopor diantara pabrikan asal Jepang lainnya.

Nissan Leaf ini akan ditambahi perangkat lunak, kamera dan sensor berikut navigasi yang memungkinkan mereka berjalan sesuai rute. Tetapi seorang pengemudi pasif nantinya tetap duduk di kursi penumpang.

Baca juga:
PLN Komitmen Percepat Siapkan Infrastruktur untuk Mobil Listrik
Energica Siap Jadi Pemasok Resmi Ajang Balap Moto-e

Tujuannya untuk mengawasi laju kendaraan selama uji coba. Dalam proses tes jalan, Nissan bakal meminta sukarelawan dari masyarakat umum sebagai pengemudi.

Dikutip dari CNN, taksi otonom ini merupakan bagian dari platform baru Nissan yang disebut sebagai Easy Ride. Sistem ini dirancang untuk memudahkan pelanggan memesan taksi otonom. Adapun sistem pembayarannya memanfaatkan peran aplikasi pada telepon seluler.

Nissan dalam mengembangkan taksi otonom ini menggandeng DeNa. DeNa adalah perusahaan Jepang yang juga membantu Nintendo mempopulerkan game Super Mario di ponsel. DeNa diawal tahun ini telah menguji coba bus otonom di kawasan pedesaan Jepang.

Nissan memang sangat berambisi mengembangkan mobil kemudi otomatis dan elektrik. Bos Nissan, Carlos Ghosn di awal tahun ini menyatakan bahwa Nissan ingin menciptakan layanan taksi robot pada 2022.

Lahirnya taksi otonom ini menyusul langkah sejumlah pabrikan asal Amerika Serikat (AS) yang telah lebih dulu membuat teknologi itu.

Pelopor Taksi Tanpa Pengemudi

Taksi Tanpa Pengemudi

General Motors baru-baru ini mengatakan pihaknya akan memulai operasional taksi tanpa pengemudi pada awal 2019.

Langkah GM ini menjadikannya sebagai pionir pabrikan kendaraan yang mengoperasikan teknologi tersebut. Lebih lanjut, Waymo sebagai divisi kendaraan otonom dari Google juga akan melakukan langkah serupa.

Waymo akan menguji coba taksi tanpa pengemudi di Phoenix, Arizona, AS dalam beberapa bulan mendatang. Teknologi taksi otonom juga sedang dijajaki oleh perusahaan ride-share seperti Uber dan Didi Chuxing asal China.

Tags

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker